Deskripsi: Laporan ini menjelaskan tentang aktivitas SCM di perusahaan "Cimory".
Isi:
1.) Proses Produksi perusahaan Cimory
- Proses pertama yaitu pemerahan susu sapi, sapi yang digunakan oleh cimory untuk diambil susunya yaitu sapi berjenis Fresian Hosteiner. Sapi yang berasal dari negara kincir angin yakni Belanda
- Setelah proses pemerahan lalu susu ditampung dan dibawa dari lokasi pemerasan ke lokasi pengolahan susu. Langkah pertama yaitu penyaringan/filtrasi kemudian dijadikan freshmilk kemudian dinamakan pasteurized. Seluruh susu tersebut ditampung ke dalam penampungan susu.
- Kemudian dari tabung-tabung penampungan susu tersebut disalurkan lewat pipa-pipa ke suatu ruangan tempat pengisian susu kedalam botol
- Proses terakhir yaitu pengemasan susu, botol yang sudah diisi susu, bisa diberi label dan dikemas.
2.) Identifikasi Supplier:
- Susu Murni didapatkan dari peternak sapi
- Gula didapat dari perusahaan gula yakni perusahaan "Gulaku"
- Perisa Buah didapat dari perusahaan Perisa Buah
- Bakteri Probiotik dan bakteri asam laktat dari perusahaan bahan kimia
3.) Kunci sukses rantai pasok Cimory
4.) Cara membangun hubungan yang kuat dengan pemasok dan pelanggan
Dengan Pemasok
- Membangun sebuah komitmen antar perusahaan dan pemasuk
- Sistem bagi hasil keuntungan dengan seadil adilnya
- Menjaga komunikasi dengan baik dengan pemasok
- Transparasi dalam hal keuangan agar tidak ada yang dirugikan
- Saling percaya antara pelaku perusahaan dengan pemasoknya
Dengan Pelanggan
- Memperkenalkan produk sebagai sarana promosi
- Membuat produk yang berkualiatas
- Memahami apa yang dibutuhkan pelanggan
- Menerima feedback dan merespon feedback dari pelanggan dengan baik
- Memberi diskon atau potongan harga setiap melakukan promosi
5.) Fungsi Rantai Pasok dalam perusahaan Cimory
Rantai pasok membuat proses produksi perusahaan ini menjadi lebih efektif dan efisien, Cimory juga mengembangkan sistem rantai pasok berkelanjutan dengan menerapkan sistem "Active Bonus Voucher" bagi para peternak susu yang mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas susunya agar memenuhi standar yang ditetapkan.
6.) Strategi untuk mengoptimalkan Kinerja?
- Menggunakan desain produk yang mendorong waktu set up yang rendah dan produksi massal
- Menanamkan investasi secara agresif untuk mengurangi lead time produksi
- Melakukan analis harga secara real time dan mempertimbangkan musim dipasaran
Galeri foto saat berkunjung di Cimory:
Sekian postingan dari saya, jikalau ada waktu saya sambung lagi :)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSiap om, salam gojek flyoverđ
HapusLeh uga fotonya ����
BalasHapusSundul gaaaaan ⚽️
BalasHapus