Rabu, 18 Oktober 2017

Supply Chain Management




Supply Chain Management,
atau lebih dikenal dengan nama manajemen rantai pasok, adalah sebuah kegiatan suatu sistem organisasi yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, untuk bisa menghasilkan suatu produk atau jasa, sampai ke tangan pelanggan.

                              ALUR SCM:

Gambar diatas adalah alur Supply Chain Management sempurna, apabila salah satu dihilangkan alur itu pun tetap akan berjalan normal, karna tidak adanya batasan ketika kita sebagai seorang customer membeli suatu barang langsung ke suplier ataupun manufacture.

Tujuan utama SCM:

1. Pengiriman barang yang tepat waktu/on time (Fleksibel)

2. Pengurangan biaya dalam prosesnya (Efisiensi)

3. Peningkatan hasil produksi dan lebih bervariasi di manajemen rantai pasok (Inovatif)

4. Mempunyai atau menjaga standar kualitas yang dihasilkan di setiap produknya (Quality Control)





Ada 3 aliran yang harus dikelola oleh SCM:

1. Aliran Barang mengalir dari bagian hulu ke bagian hilir, atau bisa disebut aliran downstream. Di aliran ini barang dikelola dari saat masih bahan baku, menjadi bahan jadi dan siap dikonsumsi.
   
2. Aliran Uang mengalir dari bagian hilir ke bagian hulu, bisa juga disebut upstream, di aliran ini, bukan hanya uang yang menjadi bagiannya, namun bisa juga tagihan pembayaran, laporan keuangan.

3. Aliran Informasi mengalir bisa dari hulu ke hilir atau hilir ke hulu, bisa keduanya, karna aliran ini sangat fleksibel dalam bagian bagiannya.

Sekarang kita masuk ke bagian komponen SCM:

A. Upstream Supply Chain

     Ini adalah bagian awal dari serangkaian komponen SCM, disini organisasi yang terkait yaitu berupa Manufacture, distributor, agen dan pedagang eceran/penyedia layanan jasa. Tujuannya yaitu untuk menyediakan bahan baku/jasa diawal prosesnya (Pengadaan). Contoh bahan tambang & pertumbuhan tanaman.

B. Internal Supply Chain

     Bagian kedua dalam komponen ini, adalah  dengan melakukan pengendalian mutu dan kualitas produk tersebut. Sebagaimana sebuah manufacture dapat menjaga komitmen sebelum dan sesudah barang dikirim untuk lebuh lanjut, dengan menyiapkan penyimpanan dan pengendalian produk persediaan.

C. Downstream Supply Chain

    Komponen yang terakhir terfokus tentang delivery atau pengiriman sebuah barang/jasa dari perusahaan, suplier dan distributor ke retail atau customer secara langsung. Aktivitas yang diutamakan seperti transport, distribusi dan after sale service.

Sekian postingan dari saya, keep enjoy and slowy :)

Plagiarism checked from Plagiarism checker: 



Agasta Bagas Priyambodo 
Mhs. Sistem Informasi S1 
A12.2015.05402 
UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

8 komentar:

  1. Terbaik 😘😘😘

    BalasHapus
  2. Bagus bingitzzzz keren kece oke 😁👍

    BalasHapus
  3. Best Sports Toto in 2022 - Sporting 100
    Soccer Betting & Odds. Sporting is 토토ė‚ŽėīíŠļ one of the most exciting online sports betting platforms in the world created by the likes of Betway, Betway, Coral,

    BalasHapus